Kitakah Istri Inspiratif Itu?

Setiap manusia telah ditakdirkan untuk menjadi pendamping. Artinya, kemampuan itu telah tertanam dalam diri kita sejak awal penciptaan. Namun, kodrat pendamping itu harus terus diasah sehingga bisa dijalankan dengan tepat dan pas, agar mereka yang didampingi bisa merasa tersemangati  dan tertolong, bukan malah tersengat dan terongrong.

pageDi sinilah buku yang ditulis oleh Tessie Setiabudi ini mengambil peran. Mencerahkan…itulah kata yang bisa saya ucapkan untuk buku “mungil” ini. Buku ini laiknya pengingat bagi kita kaum wanita, bahwa menjadi istri itu tidak semudah memerankan koki tukang masak, atau tukang laundry pencuci baju. Ada banyak peran lain yang juga harus kita jalankan dalam proses mendampingi suami (bab 3–7), sehingga kita benar-benar bisa menjadi istri inspiratif, penolong dan bukan perongrong, penyemangat, bukan penyengat.

Cerdas…mungkin ini kata yang tepat untuk menilai bagaimana Tessie menuliskan 101 jurus ampuhnya. Ia membuka dengan satu penyadaran diri bahwa “menjadi wanita adalah anugerah Tuhan yang indah. Menjadi istri hanya salah satu peran seorang wanita.” Terlihat di sini bahwa Tessie mengajak kita semua mensyukuri apa yang sekarang ada pada diri kita, sekaligus mencoba menghargai setiap pilihan yang dibuat oleh sahabat wanita kita yang lain. Inilah kunci utama sebelum melanjutkan ke jenjang status berikutnya. Lalu, ia menutup jurusnya dengan, “isilah hidup Anda dan perkaya itu dengan pengetahuan, keterampilan, dan kekuatan spiritual sehingga Anda akan menjadi sumber air yang dapat menyegarkan suami, anak-anak, dan orang-orang yang ada di sekeliling anda.” Peran apa yang lebih hebat dibandingkan menjadi sumber keteduhan?

101 jurus ini memberi langkah-langkah praktis bagaimana bagaimana seharusnya kita memerankan diri menjadi pendamping (calon) suami yang inspiratif. Bukan itu saja, buku ini juga menyediakan ruang bagi kita untuk menulis, mencatat, atau berekspresi dalam berbagai bentuk sehingga benar-benar bisa menjadi “buku harian” seperti yang dibayangkan Tessie.

Selamat membaca, dan semoga YA adalah jawaban dari pertanyaan di atas!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s