Takut, No More!

takutApa musuh terbesar kita dalam meraih kesuksesan? Modal yang sedikit? Intelejensi yang rendah? Pasti bukan. Musuh terbesar kita adalah ketakutan, sebuah perasaaan tidak nyaman yang muncul setiap saat kita hendak melakukan satu langkah maju dalam hidup kita. Perasaan ini seringkali sangat kuat terasa. Mengapa perasaan ini bisa muncul dalam diri kita? Penyebabnya adalah sikap antisipasi dan kehati-hatian kita pada potensi bahaya yang mengancam. Satu sisi, rasa takut ini bisa membantu kita. Di sisi lain, bisa juga merusak kehidupan kita. Perasaaan ini bisa juga menjadi energi untuk mencapai mimpi. Namun, bisa juga merusakannya.

Rasa takut tidaklah tercipta untuk menghentikan kita dalam meraih setiap kesempatan yang ada. Rasa takut menjadi sebuah ujian paling berat karena kita terlalu berlebihan dalam mengkalkulasi setiap situasi yang kita hadapi, seperti yang dikatakan oleh Andy Stanley :

“Takut, bukan kurangnya ide-ide brilian, membuat seseorang terus berdiri di tepian.”

Jika kita telah jenuh terus berada di tepian, dan telah siap untuk melangkah, maka kita telah mengambil keputusan yang tepat. Ketakutan untuk melangkah dapat dihancukan/hilangkan dengan beberapa langkah. Langkah pertama pastilah yang paling sulit. Berikut langkah-langkah yang bisa kita tempuh untuk mengalahkan rasa takut kita.

first-step_thumb

  1. Lakukan langkah pertama.

Visi/mimpi diinisiasi dengan mengambil langkah pertama yang terukur. Mimpi akan mati karena sang pemimpi takut untuk melakukan langkah pertama dalam mengambil keputusan untuk mengapainya. Tak ada satu cara untuk meraih mimpi kecuali bergerak melakukannya.

  1. Tidak biarkan rasa takut melemahkan keyakinan kita.

Mimpi kita harus lebih kuat dari rasa takut. Keyakinan dan ketakutan tidak bisa berjalan beriringan. Mereka tidak bisa tumbuh dalam mental dan kondisi fisik yang sama. Kita harus percaya bahwa apa yang kita yakini bisa terwujud.

  1. Abaikan suara-suara negatif.

Keyakinan kita dipengaruhi oleh apa yang kita dengar. Apa yang kita dengar akan selalu menentukan akan yang akan kita lakukan. Pastinya, siapa yang kita dengarkan akan mengontrol masa depan kita. Karenanya, marilah kita isi kehidupan kita dengan suara-suara yang positif tentang masa depan. Merekalah yang akan membantu kita melakukan apapun nantinya.

  1. Perangi ketakutan dengan penuh keberanian.

Keberanian adalah senjata yang dibutuhkan untuk memerangi rasa takut. Keberanian adalah hal yang unsur penting dalam usaha untuk meraih kesuksesan kita. keberanian diperlukan untuk mewujudkan mimpi kita. keberanian adalah memiliki kekuatan mental atau moral untuk berspekulasi dan melakukan hal-hal yang beresiko, mengandung bahaya, atau kesulitan. Keberanian adalah kestabilan mental yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas kita.

  1. Rayakan kegagalan sebagai pengalaman belajar.

Tak peduli sebarapa baik kita merencanakan masa depan, kita akan mendapatkan kegagalan, yang bisa jadi berlangsung berkali-kali. Tak seorangpun yang bisa membantu kesempurnaan kita, kecuali setiap usaha yang kita lakukan, karena usaha itu yang semakin lama membuat kita mendekat pada kesempurnaan. Jangan pernah kalah oleh kegagalan. Kita harus belajar dari kegagalan-kegagalan tersebut.

Saat kita dalam perjalanan hidup guna mewujudkan mimpi-mimpi kita, kita harus belajar bagaimana memanfaatkan ketakutan sebagai alat navigasi yang akan membantu kita membuat keputusan perang, bukan merintangi kita dari usaha untuk meraih mimpi-mimpi itu.

“Saat anda dihadapkan pada kesempatan-kesempatan baru, perangkat apa yang akan anda gunakan untuk memerangi rasa takut untuk mengambil langkah pertama?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s