Pengen mengurangi berat badan? Tidur yang cukup

DARI hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Canadian Medical Association, tidur dengan waktu yang cukup bisa menjadi alternatif yang mudah dalam mengurangi bobot tubuh. Hal tersebut tentunya beriringan dengan pola hidup seperti aktivitas fisik dan mengatur pola makan.

“Ada bukti yang mendukung peran pengurangan waktu tidur sebagai penyebab dari wabah obesitas,” ujar Dr. Jean-Phillippe Chaput, dari Children’s Hospital of Eastern Ontario Research Institute, seperti yang dikutip dari Zeenews, Selasa (18/9).

Peneliti menjelaskan, dari beberapa studi yang dilakukan sebelumnya, telah banyak hasil yang menunjukkan bahwa kurangnya waktu tidur bisa menstimulasi keinginan untuk terus makan. Selain itu, peneliti menambahakan bahwa waktu tidur yang kurang dapat mengganggu mekanisme pengendalian nafsu makan.

Dalam studinya, tim meneliti orang dewasa yang kelebihan bobot dengan durasi tidur mereka. Para responden dengan kelebihan berat badan diminta menjalani pembatasan asupan kalori dalam makanan maupun jenis minuman.  Selain itu, mereka juga diaruskan untuk tidur 5,5 jam dan 8,5 jam per hari selama dua pekan.

Setelah penelitian selesai dilaksanakan, diketahui, kelompok yang kurang tidur kehilangan kurang dari 55 persen lemak tubuh dan merasakan lebih lapar ketimbang yang tidur lebih lama.

Meskipun dalam studi tidur dikatakan ampuh dalam mengurangi hasrat untuk makan lebih banyak, temuan ini tidak tidak menyatakan bahwa masalah pengurangan berat badan semata dengan tidur sebanyak-banyaknya.

“Namun, kebiasaan tidur seharusnya tidak dilihat sebagai resep pada sebuah program pengurangan berat badan bagi penderita obesitas. Tidur harus masuk dalam bagian dari gaya hidup yang secara tradisional hanya fokus pada diet dan aktivitas fisik”, ujar Chaput.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s